PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A T1
PENGANTAR
APLIKASI KOMPUTER 1A T1
2024
TUGAS PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A
KURNIAWAN B.PRIANTO, S.KOM.SH.MM
OLEH :
MANUEL GAMINDO GATOTPUTRA
10524627
1PA25
FAKULTAS PSIKOLOGI
JURUSAN PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
M1
Komputer
Definisi Komputer
Definisi Komputer adalah alat
elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung
sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Sistem di dalam komputer tersebut
dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di
perintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data
dan program yang sudah ada.
Pengertian Komputer
Secara estimologi , Kata “
Komputer” berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya menghitung.
Sehingga secara sederhana pengertian komputer adalah alat yang digunakan untuk
menghitung aritmatika.
Komponen komponen komputer
A. Komponen
Komputer Perangkat Keras (Hardware)
Hardware atau perangkat keras
adalah komponen komputer yang dapat kita lihat wujud fisiknya, berikut
adalah berbagai komponen komputer perangkat keras atau hardware.
1. Mainboard
Mainboard adalah komponen komputer yang paling utama
karena berisi sistem BIOS, chipset, soket processor, soket memori, soket kartu
grafis, dan berbagai soket tambahan. Fungsi dari mainboard sendiri adalah untuk
meletakan semua komponen yang dibutuhkan dalam sebuah komputer.
2. Processor (CPU)
Processor atau CPU berfungsi sebagai otak sentral dari
sebuah komputer. Processor adalah komponen komputer yang mengerjakan semua
perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam bentuk harddisk.
3. Harddisk (HDD)
Harddisk adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai
media penyimpanan data permanen. Jadi, data tidak akan hilang meski listrik
sudah dimatikan karena berisi cakram magnetik yang mampu menyimpan data.
4. Solid State Drive (SSD)
SSd adalah suatu komponen untuk menyimpan data
menggunakan seperangkat IC (Integrated Circuits). SSD berfungsi untuk menyimpan
data secara permanen yang disimpan pada chip memori flash berbasis NAND yang
saling terhubung.
5. Random Access Memory (RAM)
RAM adalah unit penyimpanan dara tidak permanen, artinya
data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Dengan demikian, RAM pada
komputer berfungsi sebagai memori sementara yang digunakan oleh komputer untuk
menjalankan sebuah fungsi dari aplikasi atau perangkat lunak.
6. Optical Drive (CD/DVD)
Optical drive berfungsi sebagai alat pembaca untuk media
penyimpan data berupa disk DVD/CD. DVD/CD sendiri merupakan kepingan cakram optik
yang berisi data.
7. Floppy Disk
Floppy disk adalh media pembaca untuk disket. Namun, saat
ini disket sudah tidak banyak digunakan oleh para pengguna komputer.
8. VGA Card (Kartu Grafis)
VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA card
berfungsi untuk mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada
layar monitor.
9. Sound Card
Sound card adalah komponen komputer yang mendekode
data-data digital menjadi sinyal suara, Dengan penemuan sound card ini, maka
perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi semakin luas.
10. Keyboard
Keyboard adalah papan ketik yang berisi semua model
huruf, angka, karakter, dan tanda baca. Keyboard ini menjadi sarana bagi
pengguna komputer untuk memasukkan berbagai data ke dalam komputer.
11. Mouse
Mouse adalah alat pointer untuk mengakses melalui layar
komputer. Dengan kehadiran mouse, maka pengguna komputer menjadi lebih
interaktif dan lebih mudah untuk mengoperasikan komputer.
12. Monitor
Monitor adalah komponen komputer yang menampilkan gambar
grafis hasil output dari VGA card. Monitor membuat kita bisa melihat segala hal
yang ada di dalam komputer.
13. Printer
Printer adalah alat untuk mencetak data dalam komputer ke
dalam media kertas. Printer ada yang menggunakan sistem dot matrik, tinta, dan
laserjet.
B. Komponen
komputer perangkat lunak (software)
Software atau perangkat lunak
adalah komponen yang tidak berwujud, atau tidak terlihat. Perangkat jenis ini
terdiri macam program yang tugasnya mengolah data dimasukkan ke dalam perangkat
keras. Perangkat lunak ini dipecah menjadi tiga bagian:
Perangkat lunak sistem, Perangkat lunak aplikasi dan
Perangkat lunak tambahan Perangkat lunak
sistem adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengelola komponen
seluruh komputer. Komponen tersebut meliputi sistem operasi (OS) seperti
Windows XP, Windows 2000, Windows 7, Linux,
dan macOS.
Perangkat lunak aplikasi adalah seperangkat program
aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
Perangkat lunak aplikasi adalah program pelengkap di komputer Anda yang
digunakan untuk terjadinya pengolahan data. Beberapa contoh perangkat lunak
aplikasi: web browser (Chrome, Mozilla Firefox), Microsoft Office, game, dll.
Perangkat lunak tambahan itu sendiri adalah kumpulan program yang dapat
melakukan tugas tertentu atau tambahan berfungsi melindungi perangkat keras
Anda.
Contoh perangkat lunak tambahan termasuk pemulihan data,
pengoptimalan hard drive, server layar, dan pencadangan. Perangkat lunak juga dikenal sebagai
perangkat lunak. Software adalah program yang berisi perintah-perintah yang
dapat dimengerti oleh komputer Anda. Perangkat lunak operasi harus datang
dengan perangkat keras. Dengan perangkat lunak ini, pengguna dapat memasukkan,
menghitung, menggambar, membuat suara, dan banyak lagi.
Bagian-bagian perangkat lunak, yaitu:
1. pengolah
kata (word processing). Misalnya, Microsoft Word, Word Perfect, OpenOffice,
dll.
2. Mengolah
angka atau data tabel (tabel). Misalnya, Microsoft Excel, Lotus 123, SuperCalc,
dll. Pengolah basis data. Misalnya, Microsoft Access, FoxPro, dll. Buat slide
presentasi. Misalnya, Microsoft Power Print, StoryBoard, dll.
3. Pengolah
gambar. Misalnya, Adobe Photoshop, ACDSee, dll.
4. bahasa
pemrograman Java. Misalnya Pascal, Java, Visual Basic, dll.
5. Game
(perangkat lunak permainan). Misalnya, game PC
C.
Komponen komputer Brainware
Merupakan orang yang menggunakan,
memakai, atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer.
Selain itu, brainware juga diartikan sebagai perangkat
intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan
software pada komputer.
Perangkat intelektual di sini merupakan semua personel
atau tenaga kerja di bidang komputer yang terlibat dalam kegiatan pembentukan
sistem komputerisasi maupun yang menangani dan mengawasi langsung bagian
pengolahan data berbantuan komputer.
Brainware memiliki 4 tingkatan:
1. System
Analyst = Tingkat yang terlibat dalam pemrosesan sistem komputer yang dirancang
oleh analis sistem. Tergantung pada kebijakannya, administrator juga dapat
bertindak sebagai verifikator pada saat yang bersamaan.
2. Programmer
= Seseorang yang bertanggung jawab untuk
membuat berbagai aplikasi komputer yang
digunakan oleh banyak orang. Saat ini, ada kebutuhan besar untuk
programmer dan perkembangan dunia teknologi yang sangat kompleks. Semakin
banyak orang yang memenuhi syarat, semakin besar perusahaan membutuhkan mereka.
3. Operator
= Bertanggung jawab atas pemrosesan data
di komputer. Saat memproses data, operator harus mengikuti aturan yang
ditetapkan oleh programmer untuk menggunakan aplikasi.
4. Desainer
grafis = yang mendalami dunia desain grafis, biasanya mendalami dunia animasi
visual. Selain desainer grafis, ada juga
desainer video.
Sumber:
https://bsi.today/pengertian-komputer/
https://www.detik.com/bali/berita/d-6573727/mengenal-komponen-komputer-dan-masing-masing-fungsinya
https://cloudstorage.co.id/blog/komponen-dan-sistem-komputer-hardware-software-dan-brainware/
M2
Mengelola File dan Folder di Komputer
·
Penjelasan
File
Istilah file dan folder tentu tak asing ditemui di beragam software
komputer. Melansir Computer Hope, file adalah objek pada komputer yang
menyimpan data, informasi, pengaturan, atau perintah yang digunakan dengan
program komputer. Pada komputer terdapat tiga jenis file, yatu file aplikasi,
file data, dan file sistem. Dalam GUI (antarmuka pengguna grafis), seperti
Microsoft Windows, file ditampilkan sebagai ikon yang berhubungan dengan
program yang membuka file. File dibuat menggunakan software komputer. Misalnya,
untuk membuat file teks Anda akan menggunakan editor teks, untuk membuat file
gambar menggunakan editor gambar, dan membuat dokumen menggunakan software pengolah
kata.
·
Penjelasan
Folder
disebut juga dengan istilah direktori adalah ruang yang digunakan untuk
menyimpan file, folder lain, dan pintasan di komputer. Dapat dikatakan folder
adalah tempat menyimpan satu jenis atau beberapa jenis file. Folder yang terdapat
dalam folder lain disebut subfolder. Folder dapat membantu pengguna lebih
teroganisir dalam menghimpun satu file dengan file lainnya. Selain itu folder
dapat memudahkan pengguna mengklasifikasikan file tertentu sehingga saat
dibutuhkan Anda lebih mudah dalam mencarinya. Untuk mencari file yang
dibutuhkan pengguna cukup mengetikkan nama folder pada kolom pencarian.
Cara Pembuatan File dan Folder
·
Untuk membuat File baru
1.
Masuk ke
lokasi di pustaka dokumen tempat Anda ingin membuat file baru. Jika Anda perlu
membuat folder baru untuk menyimpan file, lihat Membuat folder di pustaka
dokumen.
2.
Pada menu
pustaka dokumen utama, klik Baru, lalu pilih tipe file yang ingin Anda buat.
3.
Catatan:
Pilihan tipe file dapat bervariasi.
4.
Tambahkan teks
dan item lain yang Anda inginkan ke file. File baru Anda secara otomatis
disimpan ke pustaka dokumen dan akan muncul dalam daftar file. File ini
memiliki nama file yang generik.
5.
Klik panah
kembali di browser Anda untuk kembali ke pustaka dokumen ketika selesai.
6.
Jika tidak
melihat file Anda dalam pustaka, refresh browser.
7.
Untuk
mengganti nama file Anda, klik Perlihatkan Tombol Perlihatkan
Tindakan. di samping dokumen, lalu klik
Ganti Nama, dan masukkan nama.
Langkah-langkah tambahan yang
mungkin diperlukan
i.
Bergantung
pada bagaimana pustaka disetel, Anda mungkin diminta untuk memberikan informasi
tambahan tentang file saat Anda menyimpannya. Misalnya, Anda mungkin diminta
untuk memilih tipe konten file atau memasukkan detail selengkapnya tentang file
tersebut.
ii.
Jika Anda
menyimpan file ke pustaka yang mengharuskan Anda melakukan check out file, file
ini awalnya di-check out untuk Anda. Anda harus melakukan check in file sebelum
orang lain bisa mengeditnya.
iii.
Jika
persetujuan konten diperlukan untuk pustaka Anda, file Anda mungkin perlu
disetujui sebelum dapat dilihat oleh setiap orang yang memiliki izin untuk
menampilkan file di pustaka.
·
Untuk membuat folder baru
Dengan
dokumen yang terbuka, klik File > Simpan Sebagai.
Di
bawah Simpan Sebagai, pilih tempat untuk membuat folder baru Anda. Anda mungkin
perlu mengklik Telusuri atau Komputer, dan menavigasikan ke lokasi folder baru.
Dalam
kotak dialog Simpan Sebagai yang terbuka, klik Folder Baru.
Ketikkan
nama folder baru Anda, lalu tekan Enter.
Klik
Simpan. Dokumen Anda disimpan ke folder baru.
Pengelolaan File dan Folder melalui
Windows
·
Sistem
Pengelolaan File dengan Operasi Microsoft Windows
My
Computer adalah fasilitas untuk mengetahui apa saja isi dalam PC seseorang.
Dikutip dari buku Microsoft Windows Me Sistem Operasi Masa Depan, Wali Eko
Djatmiko, program yang terdapat My Computer dapat langsung dijalankan dengan
hanya menunjuk program aplikasi tersebut. Berikut adalah tata cara sistem
pengelolaan file pada My Computer:
1.
Membuat Folder
Cara
membuat folder dapat dilakukan pada file Explorer dengan menggunakan menu Home,
kemudian klik New Folder atau klik kanan pilih menu New Folder.
2.
Menyalin (Copy) dan Memindahkan (Cut)
Menyalin
dan memindahkan file atau folder dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu menggunakan
copy dan paste, cut dan paste, atau menggunakan CTRL + C atau CTRL + X,
kemudian CTRL + V.
3.
Mengubah Nama
Mengubah
(rename) nama file atau folder dapat dilakukan dengan memilih objek file/folder
yang akan diubah, klik kanan, kemudian gunakan perintah rename.
4.
Menghapus
Menghapus
(delete) file atau folder sudah tidak dilakukan dengan menggunakan tombol
delete dari menu Home. Penghapusan dapat dilakukan dengan menekan tombol klik
kanan file atau folder yang akan dihapus, kemudian pilih tombol delete.
Windows
menyediakan aplikasi untuk pengelolaan file yang biasa disebut dengan file
explorer. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola file dan folder, misalnya
membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file,
memindahkan file, maupun folder ke tempat lain, serta mencari file.
• Sistem
Pengelolaan Folder dengan Operasi Microsoft Windows
Di
Windows, sudah ada folder khusus untuk menyimpan sesuai kategori umum seperti
Documents (Dokumen), Music (Musik), Pictures (Gambar/Foto), dan Videos (Video).
Anda bisa mulai menaruh file Anda di kategori umum tersebut dan boleh juga Anda
membuat folder baru jika ingin mengumpulkannya dengan topik yang lebih
spesifik.
Secara
bawaan, kategori umum yang ada tersebut adalah shortcut menuju folder tertentu.
Bisa saja ada folder lain yang ingin Anda munculkan di kategori umum tersebut.
Tentu Anda bisa mengubahnya dengan mudah. Klik kanan pada salah satu foldernya
dan klik Properties. Kemudian, klik tab Location. dan silakan klik Find Target
untuk mengubahnya ke lokasi lain. Misalnya saja folder dokumen tersebut berada
di partisi D Anda, maka bisa Anda pilih lokasi tersebut.
Cara mencetak file komputer (print out)
·
Mencetak dari
printer standar
1.
Untuk
menyiapkan printer, ikuti petunjuk dari produsen printer.
Di komputer, buka Chrome.
2.
Buka halaman,
gambar, atau file yang ingin dicetak.
3.
Klik File
kemudian Cetak. Atau, gunakan pintasan keyboard:
4.
Windows &
Linux: Ctrl + p
5.
Mac: ⌘ + p
6.
Di jendela
yang muncul, pilih tujuan dan ubah setelan cetak pilihan Anda.
7.
Klik Cetak.
atau
bisa dengan cara berikut,
Siapkan
dokumen: Buka dokumen yang ingin dicetak di aplikasi yang digunakan, seperti
Microsoft Word, Google Docs, atau browser web. Periksa pengaturan printer: Buka
menu “File” dan pilih “Print” atau tekan tombol pintas “Ctrl + P” (Windows)
atau “⌘ + P” (Mac).
Sumber:
https://tekno.kompas.com/read/2022/08/09/19150047/pengertian-file-dan-folder-dalam-komputer?page=all
https://support.microsoft.com/id-id/office/membuat-folder-baru-cbbfb6f5-59dd-4e5d-95f6-a12577952e17
https://windowsku.com/cara-mengelola-mengatur-file-folder-komputer/
https://support.google.com/chrome/answer/1069693?hl=id&co=GENIE.Platform%3DDesktop
M3
Latar belakang aplikasi Microsoft
Office
Microsoft
Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan
dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac
OS. Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Gates
dan Allen merupakan masa teman kecil. Nama Microsoft sendiri merupakan gabungan
antara microcomputer dan software. Pada awalnya, Microsoft bermarkas di New
Mexico, Amerika Serikat.
Perkembangan Microsoft Office
dari tahun ke tahun
Microsoft Office diawali dengan aplikasi sebelum Microsoft Excel, yaitu
Multiplan. Aplikasi spreadsheet tersebut hanya ditujukan untuk komputer dengan
sistem operasi CP/M disk yang kemudian menjadi MS-DOS, Xenix, and the
Macintosh.
Selanjutnya,
Microsoft merancang aplikasi spreadsheet Excel yang berhasil dirilis pada 1985.
Sebelumnya pada 1983 juga sudah ada Microsoft Word yang disebut Multi Tool
Word.
Singkat
cerita pada 1990, Microsoft menjual satu bundel aplikasi Office pertamanya yang
berisi Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.
Hingga,
pada 1995, Office 95 mengubah segalanya, sehingga membuat Microsft Office
menjadi sangat dibutuhkan masyarakat hingga saat ini.
berikut
ini adalah perkembangan Microsoft Office dari masa ke masa,
Ø
The Microsoft
Office for Windows dirilis pada 1 Oktober 1990: Word 1.1, Excel 2.0, dan
PowerPoint 2.0.
Ø Office 1.5 dirilis pada 4 Maret 1991: Word 1.1, Excel
3.0, dan PowerPoint 2.0.
Ø Office 1.6 dirilis pada 8 Juli 1991: Word 1.1, Excel 3.0,
PowerPoint 2.0, dan Mail 2.1.
Ø Office 2.5 dirilis pada awal 1992: Word 2.0a, Excel 4.0a,
PowerPoint 2.0e, dan Mail 2.1.
Ø Office 3.0 dirilis pada 30 Agustus 1992: Word 2.0c, Excel
4.0, PowerPoint 3.0, dan Mail 3.0.
Ø Office 4.0 dirilis pada 17 Januari 1994: Word 6.0, Excel
4.0, PowerPoint 3.0, dan Mail 3.1.
Ø Office 4.3 dirilis pada 2 Juni 1994: Word 6.0, Excel 5.0,
PowerPoint 4.0, Mail 3.2, dan Access 2.0.
Ø Office for NT 4.2 dirilis pada 3 Juli 1994: Word 6.0,
Excel 5.0, PowerPoint 4.0, dan Office Manager.
Ø Office 95 (7.0) dirilis pada 24 Agustus 1995: Word,
Excel, Power Point, Schedule+, Binder, Access, Bookshelf.
Ø Office 97 (8.0) dirilis pada 19 November 1996: Word 97,
Word 98, Excel, PowerPoint, Access, Publisher 97, Publisher 98, Outlook 97,
Outlook 98, BookShelf Basics, dan Small Business Financial.
Ø Office 97 Powered by Word 98 (8.5) dirilis pada 20 Juni
1997: Word 97, Word 98, Excel, PowerPoint, Access, Publisher 97, Publisher 98,
Outlook 97, Outlook 98, BookShelf Basics, Small Business Financial Manager 97,
Small Business Financial Manager 98, Automap Street Plus, Direct Mail Manager,
dan Expedia Streets 98.
Ø Office 2000 (9.0) dirilis pada 7 Juni 1999: Word, Excel,
Outlook, PowerPoint, Access, Publisher, Small Business Tools, FrontPage, dan
PhotoDraw.
Ø Office XP (10.0) dirilis pada 31 Mei 2001: Word, Excel,
Outlook, PowerPoint, Access, FrontPage, Publisher, dan Small Business Tools.
Ø Office 2003 (11.0) dirilis pada 19 Agustus 2003: Word,
Excel, Outlook, PowerPoint, Access, Publisher, OneNote, dan InfoPath.
Ø Office 2007 (12.0) dirilis pada 30 Januari 2007: Word,
Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher, Access, Groove, OneNote, InfoPath,
Communicator, Visio Viewer, dan OCT.
Ø Office 2010 (14.0) dirilis pada 15 Juni 2010: Word,
Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, InfoPath, SharePoint
Workspace, Visio Viewer, OCT, dan Lync.
Ø Office 2013 (15.0) dirilis pada 29 Januari 2013: Word,
Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Lync, Skype for
Business, dan Visio Viewer.
Ø Office 2016 (16.0) dirilis pada 22 September 2015: Word,
Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Skype for Business, dan
Visio Viewer.
Ø Office 2019 (16.0) dirilis pada 24 September 2018: Word,
Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Skype for Business, dan
Visio Viewer.
Ø
Office 2021
(16.0) dirilis pada 5 Oktober 2021: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook,
Publisher, Access, Skype for Business, dan Visio Viewer.
Pengenalan aplikasi pengolah data
dalam Microsoft Office dan penggunaan dalam berbagai bidang
Aplikasi satu ini perangkat lunak berjenis spreadsheet yang menjadi bagian
dari Microsoft, bersama dengan Microsoft Word hingga PowerPoint.
Microsoft
Excel merupakan salah satu produk Microsoft Office yang membantu penggunanya
dalam berbagai kegiatan pengolahan angka. Dengan Excel kamu dapat mengolah data
berupa angka lebih cepat dan tepat.
Microsoft
Excel adalah salah satu software pengolah data berupa angka yang sangat
terkenal. Software besutan Microsoft ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan
perhitungan-perihitungan angka dalam waktu singkat.
Saat
ini Microsoft Excel adalah program spreadsheet paling banyak digunakan oleh
banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh
berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.
Seperti
yang telah disebutkan sebelumnya, Microsoft Excel adalah program pengolah data
berupa angka yang sudah sangat sering digunakan. Microsoft Excel adalah sebuah
program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows maupun Mac OS.
Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office.
Microsoft Excel adalah bagian dari paket Microsoft Office yang terdiri dari
berbagai perangkat lunak, yang juga menjadi kebutuhan kantor sekarang ini.
Software Excel digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan dari akuntansi dan
keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang yang lain.
Microsoft
Excel adalah salah satu aplikasi yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan
grafik paling populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Bahkan, Microsoft Excel adalah sebuah software spreadsheet yang paling sering
dipakai di seluruh dunia.
Sebagai
sebuah software spreadsheet, Microsoft Excel memiliki fungsi untuk untuk
mengelola data. Namun sekarang di dalam Microsoft Excel sudah terdapat berbagai
macam fitur yang bisa digunakan seperti diagram, grafik, kalkulasi, tabel dan
lainnya. Meskipun banyak bermunculan software spreadsheet yang lain, Microsoft
Excel tetap tak tergoyahkan dan telah menjadi standar software spreadsheet
sampai sekarang.
Selain
di bidang akuntansi, perhitungan, dan analisis data, Excel juga digunakan dalam
manajemen inventaris, penjadwalan, manajemen proyek, dan sebagainya. Selain
itu, kemampuan Excel untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin dapat membantu
meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan.
Pengenalan aplikasi pengolah data di luar
Microsoft Office, seperti WPS Office
WPS
Office adalah sebuah singkatan dari Writer Presentation Spreadsheet Office.
Sama seperti Microsoft Office, WPS Office adalah aplikasi pengolah kata yang
menyediakan fitur seperti word, excel, maupun power point.
Dalam
dunia kerja yang semakin serba cepat dan kompetitif, memiliki alat yang tepat
untuk mendukung produktivitas adalah suatu keharusan. Salah satu alat yang
telah mendapatkan banyak perhatian adalah WPS Office, sebuah suite perkantoran
yang ringan, kaya fitur, dan sangat kompatibel. Dengan WPS Office, Anda dapat
mengedit dan mengelola berbagai jenis dokumen dengan mudah, dari teks hingga
presentasi dan spreadsheet, semua dalam satu paket perangkat lunak yang praktis
dan profesional.
berikut
adalah berbagai kelebihan WPS Office:
v Ringan dan Kaya Fitur
Salah
satu keunggulan utama dari WPS Office adalah keberhasilannya dalam
menggabungkan kemudahan penggunaan dengan sejumlah fitur kaya. Anda tidak perlu
lagi menggunakan beberapa program yang berbeda untuk mengelola dokumen,
presentasi, dan spreadsheet Anda. Semuanya tersedia dalam satu aplikasi, yang
membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien. Dengan akses mudah ke Writer,
Presentation, dan Spreadsheet, Anda memiliki alat yang Anda butuhkan dalam
genggaman Anda.
v Kompatibilitas Tinggi
Ketika
berbicara tentang perangkat lunak perkantoran, kompatibilitas adalah salah satu
hal yang paling penting. WPS Office memahami hal ini dan telah berkomitmen
untuk memberikan kompatibilitas tinggi dengan berbagai format file. Artinya,
Anda dapat dengan mudah membuka, mengedit, dan menyimpan file yang Anda terima
atau yang telah Anda buat dengan aplikasi perkantoran lainnya. Anda tidak akan
perlu khawatir tentang perbedaan format yang menghambat kolaborasi dan
produktivitas Anda.
v Editor yang Kuat
WPS
Office tidak hanya menawarkan kemampuan dasar untuk mengedit dokumen, tetapi
juga menyediakan sejumlah alat dan fitur yang kuat. Anda dapat dengan mudah
memformat teks, mengatur tata letak halaman, dan menambahkan elemen-elemen
desain seperti gambar dan grafik. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dokumen
yang profesional dan menarik tanpa kesulitan.
v PDF Editing dan Konversi
Selain
mengedit dokumen dalam format tradisional seperti DOC dan XLS, WPS Office juga
memungkinkan Anda untuk mengedit dan mengonversi file PDF. Anda dapat
menambahkan atau menghapus teks, gambar, dan objek PDF, sehingga Anda memiliki
kendali penuh atas konten file PDF Anda. Ini adalah fitur yang sangat berguna
dalam berbagai situasi, terutama jika Anda perlu mengedit atau berbagi dokumen
dalam format PDF.
v Kesimpulan
WPS
Office adalah solusi perkantoran yang praktis dan profesional. Dengan ringan
dan kaya fitur, serta kompatibilitas tinggi dengan berbagai format file, WPS
Office memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda tanpa batasan.
Dengan kemampuan pengeditan yang kuat dan fitur PDF yang canggih, Anda memiliki
semua yang Anda butuhkan dalam satu paket perangkat lunak. Jika Anda mencari alternatif
yang efisien dan andal untuk kebutuhan perkantoran Anda, pertimbangkan WPS
Office sebagai pilihan yang tepat.
Sumber:
https://kumparan.com/how-to-tekno/sejarah-microsoft-office-dari-masa-ke-masa-1zDFxJYmJ9K/full
https://pasartrainer.com/blog/microsoft-excel-definisi-fungsi-dan-rumus-penting
https://palcomtech.ac.id/wps-office-alternatif-versi-gratis-dari-microsoft-office/#:~:text=Selain%20mengedit%20dokumen%20dalam%20format,atas%20konten%20file%20PDF%20Anda.
M4
Pengolahan Kata (Word Processing)
Pengolah kata adalah perangkat atau program perangkat lunak yang mampu
membuat, menyimpan, dan mencetak dokumen teks. Ini memungkinkan pengguna
menulis dan memodifikasi teks, menampilkannya di layar, menyimpannya secara
elektronik, dan mencetaknya.
Perangkat
lunak pengolahan kata adalah salah satu alat teknologi paling umum di dunia,
yang memungkinkan pengguna membuat resume dan surat pengantar, korespondensi
bisnis, posting blog, novel, dan banyak lagi.
Umumnya,
pengolah kata adalah aplikasi komputer yang diunduh ke sejumlah komputer
tertentu. Tetapi seiring komputasi cloud menjadi lebih umum, sama halnya
pengolah kata berbasis browser. Biasanya ini tidak memiliki fitur yang lebih
canggih dari program tradisional; namun, mereka menawarkan lebih banyak
fleksibilitas dan kemampuan berkolaborasi secara real time.
A.
Membuka file
Menemukan
& membuka file
1.
Buka File .
2.
Di sebelah
kiri, pilih tempat file disimpan.
3.
Untuk file
yang baru saja Anda gunakan, pilih Terbaru.
4.
Untuk melihat
daftar file terbaru menurut jenisnya, gunakan tombol untuk memilih jenis file
tersebut.
5.
Untuk file
aplikasi Android, pilih File saya kemudian File Play. Untuk menampilkan lebih
banyak folder, di bagian kanan atas, pilih Lainnya kemudian Tampilkan semua folder Play.
6.
Untuk file di
cloud Anda, pilih folder, misalnya Google Drive. Anda juga dapat menambahkan
sistem file cloud lain.
7.
Temukan file
dan klik dua kali untuk membukanya.
8.
Jika Anda
membuka file di perangkat penyimpanan eksternal, lepas perangkat dengan aman
setelah Anda selesai dengan mengklik Keluarkan .
Tips:
Di pojok layar Anda, pilih Peluncur , lalu masukkan nama file yang Anda
inginkan
B.
Mengatur ukuran
kertas dan margin
·
Cara Mengatur
Margin Word
Di Microsoft
Word biasanya terdapat margin 4 4 3 3 dan 4 3 3 3. Maksud dari margin 4 4 3 3
adalah jarak dokumen dengan tepi di bagian atas yakni 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3
cm, dan kiri 4 cm. Begitu pula dengan margin 4 3 3 3.
Cara membuat
margin 4 3 3 3 tidaklah sulit, kamu dapat melakukannya dengan mudah dan cepat
di berbagai versi aplikasi Microsoft Word. Langsung saja berikut ini terdapat
beberapa cara mengatur margin di Word.
1. Buka
Ms.Word
Langkah pertama
adalah membuka dokumen Microsoft Word yang akan kamu atur marginnya.
2. Pilih menu
‘Layout’
Apabila
dokumen sudah terbuka, selanjutnya pilih menu ‘Layout’ yang terdapat di bagian
atas Microsoft Word.
3. Klik menu
‘Margin’
bagaimana cara
mengatur margin di word - klik menu margin
Setelah itu
pada menu layout, terdapat berbagai sub-menu kemudian klik margin.
4. Pilih menu
‘Custom Margin’ atau ‘Page Setup’
Selanjutnya
adalah mengatur ukuran margin sesuai kebutuhan dokumen. Cara pengaturannya bisa
dilakukan lewat menu ‘custom margin’ maupun ‘page setup’. Kedua cara tersebut
memiliki langkah yang berbeda.
Berikut cara
mengatur margin jika lewat menu custom margin:
1.
Buka dokumen
yang akan diatur margin-nya.
2.
Pilih menu
Page Layout.
3.
Kemudian klik
Margin.
4.
Setelah itu
pilih Custom Margin.
5.
Lalu atur
margin sesuai dengan kebutuhan dokumen kamu.
6.
custom margins
Selanjutnya
adalah cara mengatur margin di Word melalui menu page setup, berikut cara
mengatur margin ukuran 4 4 3 3:
1.
Buka dokumen
Word.
2.
Lalu pilih
menu Page Layout.
3.
Kemudian pada
tab Page Setup pilih ikon tanda panah di sudut kanan.
4.
Selanjutnya,
pada tab Margins atur ukuran top 4 cm, left 4 cm, bottom 3 cm, right 3 cm.
5.
Jika sudah,
klik OK.
5. Tentukan
ukuran margin
Cara selanjutnya
adalah menentukan ukuran margin yang akan dipakai oleh dokumen kamu. Kamu bisa
menentukan ukuran margin menggunakan satuan centimeter (cm). Setelah itu
terdapat 4 bagian yang harus kamu ubah, yakni top (atas), left (kiri), bottom
(bawah), dan right (kanan). Ukuran margin yang umum dipakai yaitu 4 4 3 3 atau
4 3 3 3.
6. Pilih
bentuk dokumen yang digunakan
Setelah
mengatur ukuran margin sesuai kebutuhanmu, selanjutnya yaitu memilih bentuk
dokumen yang akan digunakan seperti bentuk portrait (tegak lurus) atau
landscape (miring).
7. Selesai dan
simpan margin
·
Mengatur
Ukuran Kertas Sesuai dengan Menu Default Ms Word
1.
Pilih “Layout”
2.
Klik “Size”
3.
Kemudian akan
muncul berbagai ukuran kertas secara default dari Microsoft Word seperti A4,
A3, B4, Letter, Legal, dan lainnya.
4.
Pilih salah
satu ukuran kertas yang anda butuhkan, ukuran kertas akan berubah secara
otomatis.
·
Mengatur
secara manual ukuran atau Setting kertas
1.
Pilih Tab
“Layout”
2.
Klik icon
“Page Setup”, kemudian pilih tab “Paper”
3.
Pada drop down
“paper size” pilih “Custom Size“
4.
Setelah itu
masukkan angka ukuran kertas pada kolom “Width” (lebar) dan “Height” (tinggi)
5.
Klik “OK” ,
atau Jika Anda ingin mengatur ukuran custom tadi secara default, klik “Set as
default”
Mengatur Paragraf, Spasi, dan
Baris
·
Cara mengatur
spasi antar baris
Line
spacing atau spasi baris adalah jarak antar baris dalam sebuah paragraf. Agar
jarak antarbaris sama dan rapi, berikut adalah cara mengaturnya:
a.
pertama, pilih
atau blok semua teks yang ingin kamu atur jarak spasinya;
b.
lalu, ke tab
Home dan lihat bagian Paragraph, pilih Line and Paragraph Spacing; dan
c.
jarak spasi
yang kamu inginkan. Dimulai dari spasi tunggal atau 1.0 hingga jarak paling
besar yaitu 3.0.
·
Cara mengatur
spasi antarparagraf di Word
Spasi
antarparagraf merupakan jarak atau ruang antara sebelum dan sesudah paragraf.
Pengaturan
spasi antarparagraf ini berguna untuk memisahkan paragraf, judul, dan
subheading. Dengan begitu, teks di setiap paragraf menjadi lebih enak dibaca.
Berikut
caranya:
1.
Blok paragraf
yang ingin diatur format spasinya
2.
Pada tab Home,
klik opsi 'Line and Paragraph Spacing'
3.
Pada menu
drop-down, pilih 'Add Space Before Paragraph' untuk menambah jarak spasi atau
'Remove Space After Paragraph' untuk menghapus jarak spasi antarparagraf
4.
Jarak paragraf
akan berubah dalam dokumen.
·
Cara Mengatur
Jarak antar Baris di Word
Untuk mengatur
jarak antar baris cukup gampang. Caranya adalah dengan menggunakan fitur line
spacing, yakni jarak antar baris dalam sebuah paragraf.
Adapun
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1.
Buka dokumen
yang ingin diatur di Microsoft Word.
2.
Kemudian, blok
seluruh teks yang ingin diatur jarak barisnya.
3.
Klik Line and
Paragraph Spacing
4.
pada menu
Paragraph
5.
di tab Home.
6.
Kamu bisa
memilih jarak baris yang kamu inginkan, mulai dari 1.0 hingga yang paling
besar, yakni 3.0.
7.
Sekarang,
dokumenmu sudah lebih rapi dengan jarak baris yang kamu kehendaki.
Pemberian Nomor Halaman
·
Cara Membuat
Nomor Halaman di Word secara Otomatis
Nomor halaman
dapat dibuat secara otomatis di Microsoft dengan menggunakan fitur Page Number.
1.
Buka dokumen
yang ingin diberi nomor halaman di Microsoft Word.
2.
Klik tab
Insert, lalu pilih menu Header and Footer.
3.
Kemudian, klik
opsi Page Number.
4.
Kamu bisa
memilih enam opsi page number
5.
yang memiliki
posisi yang berbeda-beda, mulai dari bagian kiri, kanan, atas, bawah, dan lain
sebagainya. Pilih opsi nomor halaman yang kamu inginkan.
6.
Sekarang,
nomor halaman akan terisi secara otomatis pada dokumenmu
·
Cara Membuat
Nomor Halaman yang Berbeda di Word
Kamu juga bisa
membuat nomor halaman yang berbeda untuk halaman yang berbeda di Microsoft
Word. Caranya adalah sebagai berikut.
1.
Buka dokumen
yang ingin diberi nomor halaman di Word.
2.
Klik tab
Insert, lalu pilih menu Header & Footer > Page Number.
3.
Pilih posisi nomor
halaman yang ingin kamu pilih.
4.
Selanjutnya,
centang opsi Different First Page.
5.
Sekarang, kamu
bisa membuat penomoran halaman yang berbeda pada dokumenmu.
·
Cara Membuat
Nomor Halaman dengan Format Angka Romawi
1.
Buka dokumen
yang ingin diberi nomor halaman di Microsoft Word.
2.
Selanjutnya,
klik menu Page Layout > Breaks > Next Page.
3.
Klik tab
Insert dan pilih Header & Footer.
4.
Jika Header
& Footer telah muncul, klik menu Navigation > Link to Previous.
5.
Selanjutnya,
pilih posisi Page Number yang kamu inginkan.
6.
Pilih format
penomoran romawi pada Format Page Number, lalu klik opsi Start at
7.
agar seluruh
halaman berformat romawi.
Sumber:
https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/word/word-processor
https://support.google.com/chromebook/answer/1700055?hl=id
https://www.linggapura.desa.id/cara-mengatur-ukuran-kertas-di-microsoft-office-word/
https://www.dewaweb.com/blog/cara-mengatur-margin-di-word/
https://blog.skillacademy.com/cara-mengatur-spasi-di-word
https://dailysocial.id/post/cara-membuat-nomor-halaman-di-word-praktis-dan-cepat
Comments
Post a Comment