PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A T1

 

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A T1

2024

 

 

 

TUGAS PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A

 KURNIAWAN B.PRIANTO, S.KOM.SH.MM

Universitas Gunadarma (Gundar) - Jurusan, Akreditasi, Fakultas

OLEH :

MANUEL GAMINDO GATOTPUTRA

10524627

1PA25

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

JURUSAN PSIKOLOGI

UNIVERSITAS GUNADARMA

M1

 

Komputer

Mengenal Komponen Komputer dan Contoh Perangkatnya - UICI

Definisi Komputer

Definisi Komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga akan membentuk suatu sistem kerja. Sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang di perintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang sudah ada.

Pengertian Komputer

Secara estimologi , Kata “ Komputer” berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya menghitung. Sehingga secara sederhana pengertian komputer adalah alat yang digunakan untuk menghitung aritmatika.

 

Komponen komponen komputer

 

A.      Komponen Komputer Perangkat Keras (Hardware)

Hardware atau perangkat keras adalah komponen komputer yang dapat kita lihat wujud fisiknya, berikut adalah berbagai komponen komputer perangkat keras atau hardware.

 

1. Mainboard

Jenis-Jenis Motherboard Komputer - Biro Perencanaan Mutu Pendidikan dan  Pembelajaran Terbaik di Sumatera Utara

Mainboard adalah komponen komputer yang paling utama karena berisi sistem BIOS, chipset, soket processor, soket memori, soket kartu grafis, dan berbagai soket tambahan. Fungsi dari mainboard sendiri adalah untuk meletakan semua komponen yang dibutuhkan dalam sebuah komputer.

 

2. Processor (CPU)

Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya                           

Processor atau CPU berfungsi sebagai otak sentral dari sebuah komputer. Processor adalah komponen komputer yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam bentuk harddisk.

 

3. Harddisk (HDD)

Harddisk : Pengertian, Fungsi, Komponen • PT DIENG CYBER INDONESIA

Harddisk adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data permanen. Jadi, data tidak akan hilang meski listrik sudah dimatikan karena berisi cakram magnetik yang mampu menyimpan data.

 

4. Solid State Drive (SSD)

Sejarah dan Perkembangan Solid State Drive atau SSD |

SSd adalah suatu komponen untuk menyimpan data menggunakan seperangkat IC (Integrated Circuits). SSD berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang disimpan pada chip memori flash berbasis NAND yang saling terhubung.

 

5. Random Access Memory (RAM)

Apa itu RAM pada Ponsel dan Komputer? – Barometer Bali

RAM adalah unit penyimpanan dara tidak permanen, artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Dengan demikian, RAM pada komputer berfungsi sebagai memori sementara yang digunakan oleh komputer untuk menjalankan sebuah fungsi dari aplikasi atau perangkat lunak.

 

6. Optical Drive (CD/DVD)

APA ITU Optical Drive ? – JABATAN TEKNOLOGI MAKLUMAT & KOMUNIKASI

Optical drive berfungsi sebagai alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD/CD. DVD/CD sendiri merupakan kepingan cakram optik yang berisi data.

 

7. Floppy Disk

Fungsi floppy disk, media penyimpanan unik

Floppy disk adalh media pembaca untuk disket. Namun, saat ini disket sudah tidak banyak digunakan oleh para pengguna komputer.

 

8. VGA Card (Kartu Grafis)

Kartu grafis - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA card berfungsi untuk mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada layar monitor.

 

9. Sound Card

Sound card adalah komponen komputer yang mendekode data-data digital menjadi sinyal suara, Dengan penemuan sound card ini, maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi semakin luas.

 

10. Keyboard
7 Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Bentuknya! - Filemagz

Keyboard adalah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter, dan tanda baca. Keyboard ini menjadi sarana bagi pengguna komputer untuk memasukkan berbagai data ke dalam komputer.

 

11. Mouse

Mouse Komputer

Mouse adalah alat pointer untuk mengakses melalui layar komputer. Dengan kehadiran mouse, maka pengguna komputer menjadi lebih interaktif dan lebih mudah untuk mengoperasikan komputer.

 

12. Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang menampilkan gambar grafis hasil output dari VGA card. Monitor membuat kita bisa melihat segala hal yang ada di dalam komputer.

 

13. Printer

Printer adalah alat untuk mencetak data dalam komputer ke dalam media kertas. Printer ada yang menggunakan sistem dot matrik, tinta, dan laserjet.

 

B.      Komponen komputer perangkat lunak (software)

Software atau perangkat lunak adalah komponen yang tidak berwujud, atau tidak terlihat. Perangkat jenis ini terdiri macam program yang tugasnya mengolah data dimasukkan ke dalam perangkat keras. Perangkat lunak ini dipecah menjadi tiga bagian:

Perangkat lunak sistem, Perangkat lunak aplikasi dan Perangkat lunak tambahan  Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengelola komponen seluruh komputer. Komponen tersebut meliputi sistem operasi (OS) seperti Windows XP, Windows 2000, Windows 7, Linux,  dan macOS.

 

Perangkat lunak aplikasi adalah seperangkat program aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak aplikasi adalah program pelengkap di komputer Anda yang digunakan untuk terjadinya pengolahan data. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi: web browser (Chrome, Mozilla Firefox), Microsoft Office, game, dll. Perangkat lunak tambahan itu sendiri adalah kumpulan program yang dapat melakukan tugas tertentu atau tambahan berfungsi melindungi perangkat keras Anda.

 

Contoh perangkat lunak tambahan termasuk pemulihan data, pengoptimalan hard drive, server layar, dan pencadangan.  Perangkat lunak juga dikenal sebagai perangkat lunak. Software adalah program yang berisi perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh komputer Anda. Perangkat lunak operasi harus datang dengan perangkat keras. Dengan perangkat lunak ini, pengguna dapat memasukkan, menghitung, menggambar, membuat suara, dan banyak lagi.

 

Bagian-bagian perangkat lunak, yaitu:

 

1.      pengolah kata (word processing). Misalnya, Microsoft Word, Word Perfect, OpenOffice, dll.

2.      Mengolah angka atau data tabel (tabel). Misalnya, Microsoft Excel, Lotus 123, SuperCalc, dll. Pengolah basis data. Misalnya, Microsoft Access, FoxPro, dll. Buat slide presentasi. Misalnya, Microsoft Power Print, StoryBoard, dll.

3.      Pengolah gambar. Misalnya, Adobe Photoshop, ACDSee, dll.

4.      bahasa pemrograman Java. Misalnya Pascal, Java, Visual Basic, dll.

5.      Game (perangkat lunak permainan). Misalnya, game PC

 

C.      Komponen komputer Brainware

Merupakan orang yang menggunakan, memakai, atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer.

Selain itu, brainware juga diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software pada komputer.

Perangkat intelektual di sini merupakan semua personel atau tenaga kerja di bidang komputer yang terlibat dalam kegiatan pembentukan sistem komputerisasi maupun yang menangani dan mengawasi langsung bagian pengolahan data berbantuan komputer.

 

Brainware memiliki 4 tingkatan:

1.      System Analyst = Tingkat yang terlibat dalam pemrosesan sistem komputer yang dirancang oleh analis sistem. Tergantung pada kebijakannya, administrator juga dapat bertindak sebagai verifikator pada saat yang bersamaan.

2.      Programmer =  Seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat berbagai aplikasi komputer yang  digunakan oleh banyak orang. Saat ini, ada kebutuhan besar untuk programmer dan perkembangan dunia teknologi yang sangat kompleks. Semakin banyak orang yang memenuhi syarat, semakin besar perusahaan membutuhkan mereka.

3.      Operator =  Bertanggung jawab atas pemrosesan data di komputer. Saat memproses data, operator harus mengikuti aturan  yang  ditetapkan oleh programmer untuk menggunakan aplikasi.

4.      Desainer grafis = yang mendalami dunia desain grafis, biasanya mendalami dunia animasi visual. Selain  desainer grafis, ada juga desainer video.

 

Sumber:

https://bsi.today/pengertian-komputer/

https://www.bola.com/ragam/read/5437252/pengertian-brainware-dalam-komputer-fungsi-jenis-dan-komponennya

https://www.detik.com/bali/berita/d-6573727/mengenal-komponen-komputer-dan-masing-masing-fungsinya

https://cloudstorage.co.id/blog/komponen-dan-sistem-komputer-hardware-software-dan-brainware/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

M2

 

Mengelola File dan Folder di Komputer

           

·         Penjelasan File

Istilah file dan folder tentu tak asing ditemui di beragam software komputer. Melansir Computer Hope, file adalah objek pada komputer yang menyimpan data, informasi, pengaturan, atau perintah yang digunakan dengan program komputer. Pada komputer terdapat tiga jenis file, yatu file aplikasi, file data, dan file sistem. Dalam GUI (antarmuka pengguna grafis), seperti Microsoft Windows, file ditampilkan sebagai ikon yang berhubungan dengan program yang membuka file. File dibuat menggunakan software komputer. Misalnya, untuk membuat file teks Anda akan menggunakan editor teks, untuk membuat file gambar menggunakan editor gambar, dan membuat dokumen menggunakan software pengolah kata.

 

·         Penjelasan Folder

disebut juga dengan istilah direktori adalah ruang yang digunakan untuk menyimpan file, folder lain, dan pintasan di komputer. Dapat dikatakan folder adalah tempat menyimpan satu jenis atau beberapa jenis file. Folder yang terdapat dalam folder lain disebut subfolder. Folder dapat membantu pengguna lebih teroganisir dalam menghimpun satu file dengan file lainnya. Selain itu folder dapat memudahkan pengguna mengklasifikasikan file tertentu sehingga saat dibutuhkan Anda lebih mudah dalam mencarinya. Untuk mencari file yang dibutuhkan pengguna cukup mengetikkan nama folder pada kolom pencarian.

 

Cara Pembuatan File dan Folder

 

·         Untuk membuat File baru

 

1.      Masuk ke lokasi di pustaka dokumen tempat Anda ingin membuat file baru. Jika Anda perlu membuat folder baru untuk menyimpan file, lihat Membuat folder di pustaka dokumen.

 

2.      Pada menu pustaka dokumen utama, klik Baru, lalu pilih tipe file yang ingin Anda buat.

 

3.      Catatan: Pilihan tipe file dapat bervariasi.

Untuk membuat file baru dalam pustaka dokumen, buka menu Baru, lalu pilih tipe file yang Anda inginkan.

 

4.      Tambahkan teks dan item lain yang Anda inginkan ke file. File baru Anda secara otomatis disimpan ke pustaka dokumen dan akan muncul dalam daftar file. File ini memiliki nama file yang generik.

 

5.      Klik panah kembali di browser Anda untuk kembali ke pustaka dokumen ketika selesai.

 

6.      Jika tidak melihat file Anda dalam pustaka, refresh browser.

 

7.      Untuk mengganti nama file Anda, klik Perlihatkan Tombol Perlihatkan Tindakan. Tombol Perlihatkan Tindakan.  di samping dokumen, lalu klik Ganti Nama, dan masukkan nama.

 

Langkah-langkah tambahan yang mungkin diperlukan

        i.            Bergantung pada bagaimana pustaka disetel, Anda mungkin diminta untuk memberikan informasi tambahan tentang file saat Anda menyimpannya. Misalnya, Anda mungkin diminta untuk memilih tipe konten file atau memasukkan detail selengkapnya tentang file tersebut.

 

       ii.            Jika Anda menyimpan file ke pustaka yang mengharuskan Anda melakukan check out file, file ini awalnya di-check out untuk Anda. Anda harus melakukan check in file sebelum orang lain bisa mengeditnya.

 

     iii.            Jika persetujuan konten diperlukan untuk pustaka Anda, file Anda mungkin perlu disetujui sebelum dapat dilihat oleh setiap orang yang memiliki izin untuk menampilkan file di pustaka.

 

 

·         Untuk membuat folder baru

Dengan dokumen yang terbuka, klik File > Simpan Sebagai.

 

Di bawah Simpan Sebagai, pilih tempat untuk membuat folder baru Anda. Anda mungkin perlu mengklik Telusuri atau Komputer, dan menavigasikan ke lokasi folder baru.

 

Dalam kotak dialog Simpan Sebagai yang terbuka, klik Folder Baru.

Klik Folder Baru di kotak dialog Simpan Sebagai.

Ketikkan nama folder baru Anda, lalu tekan Enter.

Ganti nama folder baru.

Klik Simpan. Dokumen Anda disimpan ke folder baru.

Pengelolaan File dan Folder melalui Windows

 

·         Sistem Pengelolaan File dengan Operasi Microsoft Windows

My Computer adalah fasilitas untuk mengetahui apa saja isi dalam PC seseorang. Dikutip dari buku Microsoft Windows Me Sistem Operasi Masa Depan, Wali Eko Djatmiko, program yang terdapat My Computer dapat langsung dijalankan dengan hanya menunjuk program aplikasi tersebut. Berikut adalah tata cara sistem pengelolaan file pada My Computer:

1. Membuat Folder

Cara membuat folder dapat dilakukan pada file Explorer dengan menggunakan menu Home, kemudian klik New Folder atau klik kanan pilih menu New Folder.

2. Menyalin (Copy) dan Memindahkan (Cut)

Menyalin dan memindahkan file atau folder dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu menggunakan copy dan paste, cut dan paste, atau menggunakan CTRL + C atau CTRL + X, kemudian CTRL + V.

3. Mengubah Nama

Mengubah (rename) nama file atau folder dapat dilakukan dengan memilih objek file/folder yang akan diubah, klik kanan, kemudian gunakan perintah rename.

4. Menghapus

Menghapus (delete) file atau folder sudah tidak dilakukan dengan menggunakan tombol delete dari menu Home. Penghapusan dapat dilakukan dengan menekan tombol klik kanan file atau folder yang akan dihapus, kemudian pilih tombol delete.

Windows menyediakan aplikasi untuk pengelolaan file yang biasa disebut dengan file explorer. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola file dan folder, misalnya membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file, memindahkan file, maupun folder ke tempat lain, serta mencari file.

 

          Sistem Pengelolaan Folder dengan Operasi Microsoft Windows

 

           

Di Windows, sudah ada folder khusus untuk menyimpan sesuai kategori umum seperti Documents (Dokumen), Music (Musik), Pictures (Gambar/Foto), dan Videos (Video). Anda bisa mulai menaruh file Anda di kategori umum tersebut dan boleh juga Anda membuat folder baru jika ingin mengumpulkannya dengan topik yang lebih spesifik.

Mengubah Lokasi Default Folder Document Windows 11

Secara bawaan, kategori umum yang ada tersebut adalah shortcut menuju folder tertentu. Bisa saja ada folder lain yang ingin Anda munculkan di kategori umum tersebut. Tentu Anda bisa mengubahnya dengan mudah. Klik kanan pada salah satu foldernya dan klik Properties. Kemudian, klik tab Location. dan silakan klik Find Target untuk mengubahnya ke lokasi lain. Misalnya saja folder dokumen tersebut berada di partisi D Anda, maka bisa Anda pilih lokasi tersebut.

 

 Cara mencetak file komputer (print out)

·         Mencetak dari printer standar          

1.      Untuk menyiapkan printer, ikuti petunjuk dari produsen printer.
Di komputer, buka Chrome.

2.      Buka halaman, gambar, atau file yang ingin dicetak.

3.      Klik File kemudian Cetak. Atau, gunakan pintasan keyboard:

4.      Windows & Linux: Ctrl + p

5.      Mac: + p

6.      Di jendela yang muncul, pilih tujuan dan ubah setelan cetak pilihan Anda.

7.      Klik Cetak.

atau bisa dengan cara berikut,

Siapkan dokumen: Buka dokumen yang ingin dicetak di aplikasi yang digunakan, seperti Microsoft Word, Google Docs, atau browser web. Periksa pengaturan printer: Buka menu “File” dan pilih “Print” atau tekan tombol pintas “Ctrl + P” (Windows) atau “ + P (Mac).

 

 

 

 

 

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/09/19150047/pengertian-file-dan-folder-dalam-komputer?page=all

https://support.microsoft.com/id-id/office/membuat-file-baru-dalam-pustaka-dokumen-7eda06ad-97bb-4b98-988b-f0ddf40a3652

https://support.microsoft.com/id-id/office/membuat-folder-baru-cbbfb6f5-59dd-4e5d-95f6-a12577952e17

https://kumparan.com/berita-update/memahami-pengelolaan-file-dengan-sistem-operasi-microsoft-windows-21AtBraelD2/full

https://windowsku.com/cara-mengelola-mengatur-file-folder-komputer/

https://support.google.com/chrome/answer/1069693?hl=id&co=GENIE.Platform%3DDesktop

 

M3

 

Latar belakang aplikasi Microsoft Office

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Gates dan Allen merupakan masa teman kecil. Nama Microsoft sendiri merupakan gabungan antara microcomputer dan software. Pada awalnya, Microsoft bermarkas di New Mexico, Amerika Serikat.

Microsoft Office - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasBill Gates founder of "Microsoft" - Shifters

 

Perkembangan Microsoft Office dari tahun ke tahun

Microsoft Office diawali dengan aplikasi sebelum Microsoft Excel, yaitu Multiplan. Aplikasi spreadsheet tersebut hanya ditujukan untuk komputer dengan sistem operasi CP/M disk yang kemudian menjadi MS-DOS, Xenix, and the Macintosh.

Selanjutnya, Microsoft merancang aplikasi spreadsheet Excel yang berhasil dirilis pada 1985. Sebelumnya pada 1983 juga sudah ada Microsoft Word yang disebut Multi Tool Word.

Singkat cerita pada 1990, Microsoft menjual satu bundel aplikasi Office pertamanya yang berisi Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Hingga, pada 1995, Office 95 mengubah segalanya, sehingga membuat Microsft Office menjadi sangat dibutuhkan masyarakat hingga saat ini.

berikut ini adalah perkembangan Microsoft Office dari masa ke masa,

Ø  The Microsoft Office for Windows dirilis pada 1 Oktober 1990: Word 1.1, Excel 2.0, dan PowerPoint 2.0.

Ø  Office 1.5 dirilis pada 4 Maret 1991: Word 1.1, Excel 3.0, dan PowerPoint 2.0.

Ø  Office 1.6 dirilis pada 8 Juli 1991: Word 1.1, Excel 3.0, PowerPoint 2.0, dan Mail 2.1.

Ø  Office 2.5 dirilis pada awal 1992: Word 2.0a, Excel 4.0a, PowerPoint 2.0e, dan Mail 2.1.

Ø  Office 3.0 dirilis pada 30 Agustus 1992: Word 2.0c, Excel 4.0, PowerPoint 3.0, dan Mail 3.0.

Ø  Office 4.0 dirilis pada 17 Januari 1994: Word 6.0, Excel 4.0, PowerPoint 3.0, dan Mail 3.1.

Ø  Office 4.3 dirilis pada 2 Juni 1994: Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, Mail 3.2, dan Access 2.0.

Ø  Office for NT 4.2 dirilis pada 3 Juli 1994: Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, dan Office Manager.

Ø  Office 95 (7.0) dirilis pada 24 Agustus 1995: Word, Excel, Power Point, Schedule+, Binder, Access, Bookshelf.

Ø  Office 97 (8.0) dirilis pada 19 November 1996: Word 97, Word 98, Excel, PowerPoint, Access, Publisher 97, Publisher 98, Outlook 97, Outlook 98, BookShelf Basics, dan Small Business Financial.

Ø  Office 97 Powered by Word 98 (8.5) dirilis pada 20 Juni 1997: Word 97, Word 98, Excel, PowerPoint, Access, Publisher 97, Publisher 98, Outlook 97, Outlook 98, BookShelf Basics, Small Business Financial Manager 97, Small Business Financial Manager 98, Automap Street Plus, Direct Mail Manager, dan Expedia Streets 98.

Ø  Office 2000 (9.0) dirilis pada 7 Juni 1999: Word, Excel, Outlook, PowerPoint, Access, Publisher, Small Business Tools, FrontPage, dan PhotoDraw.

Ø  Office XP (10.0) dirilis pada 31 Mei 2001: Word, Excel, Outlook, PowerPoint, Access, FrontPage, Publisher, dan Small Business Tools.

Ø  Office 2003 (11.0) dirilis pada 19 Agustus 2003: Word, Excel, Outlook, PowerPoint, Access, Publisher, OneNote, dan InfoPath.

Ø  Office 2007 (12.0) dirilis pada 30 Januari 2007: Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher, Access, Groove, OneNote, InfoPath, Communicator, Visio Viewer, dan OCT.

Ø  Office 2010 (14.0) dirilis pada 15 Juni 2010: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, InfoPath, SharePoint Workspace, Visio Viewer, OCT, dan Lync.

Ø  Office 2013 (15.0) dirilis pada 29 Januari 2013: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Lync, Skype for Business, dan Visio Viewer.

Ø  Office 2016 (16.0) dirilis pada 22 September 2015: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Skype for Business, dan Visio Viewer.

Ø  Office 2019 (16.0) dirilis pada 24 September 2018: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Skype for Business, dan Visio Viewer.

Ø  Office 2021 (16.0) dirilis pada 5 Oktober 2021: Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, Access, Skype for Business, dan Visio Viewer.

           

Pengenalan aplikasi pengolah data dalam Microsoft Office dan penggunaan dalam berbagai bidang

Aplikasi satu ini perangkat lunak berjenis spreadsheet yang menjadi bagian dari Microsoft, bersama dengan Microsoft Word hingga PowerPoint.

Microsoft Excel merupakan salah satu produk Microsoft Office yang membantu penggunanya dalam berbagai kegiatan pengolahan angka. Dengan Excel kamu dapat mengolah data berupa angka lebih cepat dan tepat.

Microsoft Excel adalah salah satu software pengolah data berupa angka yang sangat terkenal. Software besutan Microsoft ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan perhitungan-perihitungan angka dalam waktu singkat.

Saat ini Microsoft Excel adalah program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Microsoft Excel adalah program pengolah data berupa angka yang sudah sangat sering digunakan. Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows maupun Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office.

 

Microsoft Excel adalah bagian dari paket Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak, yang juga menjadi kebutuhan kantor sekarang ini. Software Excel digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan dari akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang yang lain.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik paling populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, Microsoft Excel adalah sebuah software spreadsheet yang paling sering dipakai di seluruh dunia.

Sebagai sebuah software spreadsheet, Microsoft Excel memiliki fungsi untuk untuk mengelola data. Namun sekarang di dalam Microsoft Excel sudah terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti diagram, grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Meskipun banyak bermunculan software spreadsheet yang lain, Microsoft Excel tetap tak tergoyahkan dan telah menjadi standar software spreadsheet sampai sekarang.

Selain di bidang akuntansi, perhitungan, dan analisis data, Excel juga digunakan dalam manajemen inventaris, penjadwalan, manajemen proyek, dan sebagainya. Selain itu, kemampuan Excel untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan.

 

 Pengenalan aplikasi pengolah data di luar Microsoft Office, seperti WPS Office

            WPS Office adalah sebuah singkatan dari Writer Presentation Spreadsheet Office. Sama seperti Microsoft Office, WPS Office adalah aplikasi pengolah kata yang menyediakan fitur seperti word, excel, maupun power point.

WPS Office Version 9.1 Free Download - A Comprehensive Guide | WPS Office  Blog

Dalam dunia kerja yang semakin serba cepat dan kompetitif, memiliki alat yang tepat untuk mendukung produktivitas adalah suatu keharusan. Salah satu alat yang telah mendapatkan banyak perhatian adalah WPS Office, sebuah suite perkantoran yang ringan, kaya fitur, dan sangat kompatibel. Dengan WPS Office, Anda dapat mengedit dan mengelola berbagai jenis dokumen dengan mudah, dari teks hingga presentasi dan spreadsheet, semua dalam satu paket perangkat lunak yang praktis dan profesional.

berikut adalah berbagai kelebihan WPS Office:

 

v  Ringan dan Kaya Fitur

Salah satu keunggulan utama dari WPS Office adalah keberhasilannya dalam menggabungkan kemudahan penggunaan dengan sejumlah fitur kaya. Anda tidak perlu lagi menggunakan beberapa program yang berbeda untuk mengelola dokumen, presentasi, dan spreadsheet Anda. Semuanya tersedia dalam satu aplikasi, yang membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien. Dengan akses mudah ke Writer, Presentation, dan Spreadsheet, Anda memiliki alat yang Anda butuhkan dalam genggaman Anda.

 

v  Kompatibilitas Tinggi

 

 

Ketika berbicara tentang perangkat lunak perkantoran, kompatibilitas adalah salah satu hal yang paling penting. WPS Office memahami hal ini dan telah berkomitmen untuk memberikan kompatibilitas tinggi dengan berbagai format file. Artinya, Anda dapat dengan mudah membuka, mengedit, dan menyimpan file yang Anda terima atau yang telah Anda buat dengan aplikasi perkantoran lainnya. Anda tidak akan perlu khawatir tentang perbedaan format yang menghambat kolaborasi dan produktivitas Anda.

 

v  Editor yang Kuat

WPS Office tidak hanya menawarkan kemampuan dasar untuk mengedit dokumen, tetapi juga menyediakan sejumlah alat dan fitur yang kuat. Anda dapat dengan mudah memformat teks, mengatur tata letak halaman, dan menambahkan elemen-elemen desain seperti gambar dan grafik. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dokumen yang profesional dan menarik tanpa kesulitan.

 

v  PDF Editing dan Konversi

Selain mengedit dokumen dalam format tradisional seperti DOC dan XLS, WPS Office juga memungkinkan Anda untuk mengedit dan mengonversi file PDF. Anda dapat menambahkan atau menghapus teks, gambar, dan objek PDF, sehingga Anda memiliki kendali penuh atas konten file PDF Anda. Ini adalah fitur yang sangat berguna dalam berbagai situasi, terutama jika Anda perlu mengedit atau berbagi dokumen dalam format PDF.

 

v  Kesimpulan

WPS Office adalah solusi perkantoran yang praktis dan profesional. Dengan ringan dan kaya fitur, serta kompatibilitas tinggi dengan berbagai format file, WPS Office memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda tanpa batasan. Dengan kemampuan pengeditan yang kuat dan fitur PDF yang canggih, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan dalam satu paket perangkat lunak. Jika Anda mencari alternatif yang efisien dan andal untuk kebutuhan perkantoran Anda, pertimbangkan WPS Office sebagai pilihan yang tepat.

 

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office#:~:text=Microsoft%20Office%20adalah%20perangkat%20lunak,Microsoft%20Windows%20dan%20Mac%20OS.

https://kumparan.com/how-to-tekno/sejarah-microsoft-office-dari-masa-ke-masa-1zDFxJYmJ9K/full

https://www.liputan6.com/hot/read/5310387/microsoft-excel-adalah-program-pengolah-data-berupa-angka-kenali-fungsinya

https://pasartrainer.com/blog/microsoft-excel-definisi-fungsi-dan-rumus-penting

https://palcomtech.ac.id/wps-office-alternatif-versi-gratis-dari-microsoft-office/#:~:text=Selain%20mengedit%20dokumen%20dalam%20format,atas%20konten%20file%20PDF%20Anda.

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

M4

 

Pengolahan Kata (Word Processing)

Pengolah kata adalah perangkat atau program perangkat lunak yang mampu membuat, menyimpan, dan mencetak dokumen teks. Ini memungkinkan pengguna menulis dan memodifikasi teks, menampilkannya di layar, menyimpannya secara elektronik, dan mencetaknya.

Perangkat lunak pengolahan kata adalah salah satu alat teknologi paling umum di dunia, yang memungkinkan pengguna membuat resume dan surat pengantar, korespondensi bisnis, posting blog, novel, dan banyak lagi.

Umumnya, pengolah kata adalah aplikasi komputer yang diunduh ke sejumlah komputer tertentu. Tetapi seiring komputasi cloud menjadi lebih umum, sama halnya pengolah kata berbasis browser. Biasanya ini tidak memiliki fitur yang lebih canggih dari program tradisional; namun, mereka menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan kemampuan berkolaborasi secara real time.

 

A.      Membuka file

Menemukan & membuka file

1.      Buka File .

2.      Di sebelah kiri, pilih tempat file disimpan.

3.      Untuk file yang baru saja Anda gunakan, pilih Terbaru.

4.      Untuk melihat daftar file terbaru menurut jenisnya, gunakan tombol untuk memilih jenis file tersebut.

5.      Untuk file aplikasi Android, pilih File saya kemudian File Play. Untuk menampilkan lebih banyak folder, di bagian kanan atas, pilih Lainnya  kemudian Tampilkan semua folder Play.

6.      Untuk file di cloud Anda, pilih folder, misalnya Google Drive. Anda juga dapat menambahkan sistem file cloud lain.

7.      Temukan file dan klik dua kali untuk membukanya.

8.      Jika Anda membuka file di perangkat penyimpanan eksternal, lepas perangkat dengan aman setelah Anda selesai dengan mengklik Keluarkan .

 

Tips: Di pojok layar Anda, pilih Peluncur , lalu masukkan nama file yang Anda inginkan

 

B.      Mengatur ukuran kertas dan margin

 

·         Cara Mengatur Margin Word

 

Di Microsoft Word biasanya terdapat margin 4 4 3 3 dan 4 3 3 3. Maksud dari margin 4 4 3 3 adalah jarak dokumen dengan tepi di bagian atas yakni 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm, dan kiri 4 cm. Begitu pula dengan margin 4 3 3 3.

 

Cara membuat margin 4 3 3 3 tidaklah sulit, kamu dapat melakukannya dengan mudah dan cepat di berbagai versi aplikasi Microsoft Word. Langsung saja berikut ini terdapat beberapa cara mengatur margin di Word.

 

1. Buka Ms.Word

Langkah pertama adalah membuka dokumen Microsoft Word yang akan kamu atur marginnya.

 

2. Pilih menu ‘Layout’

bagaimana cara mengatur margin di word - buka layout

Apabila dokumen sudah terbuka, selanjutnya pilih menu ‘Layout’ yang terdapat di bagian atas Microsoft Word.

 

3. Klik menu ‘Margin’

bagaimana cara mengatur margin di word - klik menu margin

bagaimana cara mengatur margin di word - klik menu margin

 

Setelah itu pada menu layout, terdapat berbagai sub-menu kemudian klik margin.

 

4. Pilih menu ‘Custom Margin’ atau ‘Page Setup’

Selanjutnya adalah mengatur ukuran margin sesuai kebutuhan dokumen. Cara pengaturannya bisa dilakukan lewat menu ‘custom margin’ maupun ‘page setup’. Kedua cara tersebut memiliki langkah yang berbeda.

 

Berikut cara mengatur margin jika lewat menu custom margin:

 

1.      Buka dokumen yang akan diatur margin-nya.

2.      Pilih menu Page Layout.

3.      Kemudian klik Margin.

4.      Setelah itu pilih Custom Margin.

5.      Lalu atur margin sesuai dengan kebutuhan dokumen kamu.

6.      custom margins

custom margins

Selanjutnya adalah cara mengatur margin di Word melalui menu page setup, berikut cara mengatur margin ukuran 4 4 3 3:

 

1.      Buka dokumen Word.

2.      Lalu pilih menu Page Layout.

3.      Kemudian pada tab Page Setup pilih ikon tanda panah di sudut kanan.

4.      Selanjutnya, pada tab Margins atur ukuran top 4 cm, left 4 cm, bottom 3 cm, right 3 cm.

5.      Jika sudah, klik OK.

 

page setup

5. Tentukan ukuran margin

Cara selanjutnya adalah menentukan ukuran margin yang akan dipakai oleh dokumen kamu. Kamu bisa menentukan ukuran margin menggunakan satuan centimeter (cm). Setelah itu terdapat 4 bagian yang harus kamu ubah, yakni top (atas), left (kiri), bottom (bawah), dan right (kanan). Ukuran margin yang umum dipakai yaitu 4 4 3 3 atau 4 3 3 3.

 

6. Pilih bentuk dokumen yang digunakan

Setelah mengatur ukuran margin sesuai kebutuhanmu, selanjutnya yaitu memilih bentuk dokumen yang akan digunakan seperti bentuk portrait (tegak lurus) atau landscape (miring).

 

7. Selesai dan simpan margin

 

·         Mengatur Ukuran Kertas Sesuai dengan Menu Default Ms Word

Mengatur ukuran kertas di ms word

1.      Pilih “Layout”

2.      Klik “Size”

3.      Kemudian akan muncul berbagai ukuran kertas secara default dari Microsoft Word seperti A4, A3, B4, Letter, Legal, dan lainnya.

4.      Pilih salah satu ukuran kertas yang anda butuhkan, ukuran kertas akan berubah secara otomatis.

 

·         Mengatur secara manual ukuran atau Setting kertas

Mengatur ukuran kertas di ms word 2

1.      Pilih Tab “Layout”

2.      Klik icon “Page Setup”, kemudian pilih tab “Paper”

3.      Pada drop down “paper size” pilih “Custom Size“

4.      Setelah itu masukkan angka ukuran kertas pada kolom “Width” (lebar) dan “Height” (tinggi)

5.      Klik “OK” , atau Jika Anda ingin mengatur ukuran custom tadi secara default, klik “Set as default”

 

 

Mengatur Paragraf, Spasi, dan Baris

·         Cara mengatur spasi antar baris

Line spacing atau spasi baris adalah jarak antar baris dalam sebuah paragraf. Agar jarak antarbaris sama dan rapi, berikut adalah cara mengaturnya:

 

 

a.      pertama, pilih atau blok semua teks yang ingin kamu atur jarak spasinya;

b.      lalu, ke tab Home dan lihat bagian Paragraph, pilih Line and Paragraph Spacing; dan

c.       jarak spasi yang kamu inginkan. Dimulai dari spasi tunggal atau 1.0 hingga jarak paling besar yaitu 3.0.

Cara mengatur spasi antar baris

 

·         Cara mengatur spasi antarparagraf di Word

Spasi antarparagraf merupakan jarak atau ruang antara sebelum dan sesudah paragraf.

 

Pengaturan spasi antarparagraf ini berguna untuk memisahkan paragraf, judul, dan subheading. Dengan begitu, teks di setiap paragraf menjadi lebih enak dibaca.

 

Berikut caranya:

 

1.      Blok paragraf yang ingin diatur format spasinya

2.      Pada tab Home, klik opsi 'Line and Paragraph Spacing'

3.      Pada menu drop-down, pilih 'Add Space Before Paragraph' untuk menambah jarak spasi atau 'Remove Space After Paragraph' untuk menghapus jarak spasi antarparagraf

4.      Jarak paragraf akan berubah dalam dokumen.

 

·         Cara Mengatur Jarak antar Baris di Word

Untuk mengatur jarak antar baris cukup gampang. Caranya adalah dengan menggunakan fitur line spacing, yakni jarak antar baris dalam sebuah paragraf.

 

https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2023/02/2023-02-10-11.png

 

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

 

1.      Buka dokumen yang ingin diatur di Microsoft Word.

2.      Kemudian, blok seluruh teks yang ingin diatur jarak barisnya.

3.      Klik Line and Paragraph Spacing

4.      pada menu Paragraph

5.      di tab Home.

6.      Kamu bisa memilih jarak baris yang kamu inginkan, mulai dari 1.0 hingga yang paling besar, yakni 3.0.

7.      Sekarang, dokumenmu sudah lebih rapi dengan jarak baris yang kamu kehendaki.

 

Pemberian Nomor Halaman

·         Cara Membuat Nomor Halaman di Word secara Otomatis

https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2023/02/2023-02-10-8.png

 

Nomor halaman dapat dibuat secara otomatis di Microsoft dengan menggunakan fitur Page Number.

 

1.      Buka dokumen yang ingin diberi nomor halaman di Microsoft Word.

2.      Klik tab Insert, lalu pilih menu Header and Footer.

3.      Kemudian, klik opsi Page Number.

4.      Kamu bisa memilih enam opsi page number

5.      yang memiliki posisi yang berbeda-beda, mulai dari bagian kiri, kanan, atas, bawah, dan lain sebagainya. Pilih opsi nomor halaman yang kamu inginkan.

6.      Sekarang, nomor halaman akan terisi secara otomatis pada dokumenmu

 

·         Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word

https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2023/02/2023-02-10-9.png

Kamu juga bisa membuat nomor halaman yang berbeda untuk halaman yang berbeda di Microsoft Word. Caranya adalah sebagai berikut.

 

1.      Buka dokumen yang ingin diberi nomor halaman di Word.

2.      Klik tab Insert, lalu pilih menu Header & Footer > Page Number.

3.      Pilih posisi nomor halaman yang ingin kamu pilih.

4.      Selanjutnya, centang opsi Different First Page.

5.      Sekarang, kamu bisa membuat penomoran halaman yang berbeda pada dokumenmu.

 

·         Cara Membuat Nomor Halaman dengan Format Angka Romawi

https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2023/02/2023-02-10-10.png

 

1.      Buka dokumen yang ingin diberi nomor halaman di Microsoft Word.

2.      Selanjutnya, klik menu Page Layout > Breaks > Next Page.

3.      Klik tab Insert dan pilih Header & Footer.

4.      Jika Header & Footer telah muncul, klik menu Navigation > Link to Previous.

5.      Selanjutnya, pilih posisi Page Number yang kamu inginkan.

6.      Pilih format penomoran romawi pada Format Page Number, lalu klik opsi Start at

7.      agar seluruh halaman berformat romawi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/word/word-processor

https://support.google.com/chromebook/answer/1700055?hl=id

https://www.linggapura.desa.id/cara-mengatur-ukuran-kertas-di-microsoft-office-word/

https://www.dewaweb.com/blog/cara-mengatur-margin-di-word/

https://blog.skillacademy.com/cara-mengatur-spasi-di-word

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230607093203-190-958597/cara-mengatur-spasi-antarbaris-paragraf-dan-huruf-di-word

https://dailysocial.id/post/cara-membuat-nomor-halaman-di-word-praktis-dan-cepat

 

 

           

 

Comments

Popular posts from this blog

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A T2

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A T3